Tentang Forklift
August 28, 2018
Perbedaan Jenis Forklift
August 30, 2018

Cara Perawatan Forklift

HDB Multicont Forklift

 

  • Cara perawatan Forklift Jenis Diesel ( Gasoline ataupun LPG )

Forklift Conterbalance Gas

Pada 1 Bulan/ dalam 300 Jam pengoperasian per bulan, ada beberapa yang harus diperhatikan dan juga bisa diganti sesuaikan dengan keadaan juga bisa, mari kita simak kegiatan – kegiatan apa saja yang harus dilakukan dalam perawatan Forklift Jenis DIESEL: ,

  1. Pengganti oli. oli cukup penting dalam tekanan suatu kondisi yang bisa memicu aliran mesin, sama hal nya dengan kendaraan bermotor oli lama – kelamaan akan habis jika tidak di ganti dengan yang baru akan merusak organ dalam suatu mesin itu.
  2. Periksa dan ganti saringan bahan bakar. Saringan berfungsi sebagai penjernih, untuk apa ? guna nya untuk membersihkan kotoran – kotoran yang ada di dalam bahan bakar agar tidak mengalami masalah dalam pengoperasian mesin itu sendiri.
  3. Ganti saringan oli. setelah tadi ganti oli sekarang kita juga perlu menganti saringan ataupun filter oli sebab jika tidak diganti oli akan tersumbat  di dalam saringan dan tidak bisa mengalir ke saluran saringan, saringan oli juga berfungsi sebagai penjernih oli agar kotoran tidak masuk kedalam ronga mesin itu sendiri.
  4. Greasing untuk semua nipple pada bagian yang bergerak. ini adalah organ penting juga karena daerah paling vital jika bagian yang sering bergerak tidak diberi greasing ( semacam stempet ).
  5. Periksa dan bersihkan saringan bahan bakar. agar tidak terjadi penumpukan kotoran seperti kotoran oli.
  6. periksa atau juga bisa diganti saringan udara pembersih sama hal nya No. 5 cuma ini saringan udara.
  7. Periksa fungsi kerja kopling gesek / Automatic ( TOR – CON ) agar tidak terjadi masalah saat penggunaan dan tidak mempersulit operator saat bekerja di berbagai medan kerja.
  8. Periksa fungsi kerja Hydraulic System. Fungsi penting lain pada forklift yaitu siap nya suatu Hydraulic pada Forklift jika bermasalah maka forklift itu dinyatakan rusak dan harus di perbaiki.
  9. Periksa bagian Aksesoris. maksutnya bagian bagian yang fungsinya pendamping seperti spion untuk melihat bagian belakang maupun samping. lampu emergensy untuk memperingatkan bahwa ada forklift di sekelilingnya. sebab jika tidak di perhatikan akan membahayakan operator itu sendiri, dan fatal akibatnya, itu adalah sedikit contoh dari bagian aksesoris suatu forklift.
  10. Periksa dan setel ulang putaran mesin. bagaimana fungsi mesin itu bekerja, hidup atau tidaknya mesin itu / forklift itu. masih berfungsi secara normal kah ? harus dipastikan terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah saat pengoperasian.
  11. Periksa Dan Setel ulang ketegangan tali kipas pendingin. bagian yang harus sering diperhatikan dalam operasi pemeriksaan perawatan.
  12. Periksa dan setel ulang ketegangan rantai pengangkat. rantai disini fungsinya sebagai penarik beban terhadap kuasa ( Forklift ) Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ( patah nya garpu forklift, rusak nya forklift, dll ) maka harus diperiksa apabila ada kendala dalam pengangkatan hal tersebut adalah salah satu ciri jika rantai bermasalah.
  13. Periksa kondisi ban dan mur pengikat. ini adalah hal yang sering dilupakan pada pengecekan kendaran, udara dalam ban juga harus cukup ketika kurang forklift akan cepat mengalami kerusakan, ketika terlalu banyak maka akan tidak terasa enak jika digunakan pada saat di pakai, coba saja jika ban sepeda motor diisi terlalu banyak udara maka keadaan tidak enak akan terjadi maka harus cukup dan pas.
  14. Periksa kondisi garpu dan Attachment lainnya. bagian ini adalah bagian utama yang harrus diperhatikan dengan benar karena bagian ini  adalah suatu komponen ciri khas  yang dimiliki forklift jika tidak ada maka jangan disebut forklift.
  15. Periksa dan setel ulang fungsi kerja rem. organ dalam penting lainnya adalahh rem ketika rem tidak berfungsi maka bahaya utama  adalah operator itu sendiri bisa juga orang disekitar nya karena tidak bisa mengontrol kendaraan.
  16. Periksa dan setel ulang radius putar. putaran stir dan putaran roda harus sesuai dan harus pas agar enak dalam pengoperasian.
  17. Periksa dan tambahkan oli Hydaulic / air pendingin Radiator. bagian terakhir adalah bari tambahan oli hydraulic untuk fungsi pengangkatan beban dan air radiator sebagai pendingin mesin agar tidak terjadi panas pada mesin ketika di jalankan 24 jam non-stop.

Untuk masalah Perawatan Kami PT. HDB Multicont melayani jasa service perawatan Forklift – Forklift, kami memiliki teknisi yang bisa di andalakan secara profesional dalam menangani suatu masalah pada Forklift, kami juga menjual spare part untuk memperbaiki Forklift, suatu pertanyaan sangat kami nantikan dari anda untuk bisa berkonsultasi kepada kami. jika anda memiliki saran bisa anda sampaikan memalui Email kami sales@hdbmulticont.co.id akan baik jika anda bisa menjadi teman dalam bisnis kami.Saya ucap kan terima kasih karena anda sudah masuk dan membaca artikel yang kami posting untuk diambil manfaatnya.

Demikian artikel dari kami diambil manfaatnya, Sekian dari kami.

Salam Sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: